Kabar

DAUROH BAHASA ARAB DAN NURUL BAYAN MA’HAD ‘ALY AL-AIMMAH 1444 H

Mahasantri baru (MABA) Ma’had ‘Aliy Al-Aimmah mengikuti program daurah bahasa Arab. Daurah ini memangh diperuntukkan untuk semua MABA. Acara ini dimulai pada 10 – 28 Muharram 1444 H / 8 – 26 Agustus 2022. Yang mana kegiatan ini dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar. Adapun kegiatan ini merupakan program yang diwajibkan oleh ma’had kepada seluruh MABA.
Dauroh bahasa Arab ini bertujuan agar mahasantri baru bisa meningkatkan kualitas bahasa arabnya, supaya fasih berbicara dan membaca dalam bahasa Arab, karena semua kurikulum di Ma’had ‘Aliy Al-Aimmah menggunakan kitab-kitab berbahasa Arab, begitu juga dengan bahasa pengantar dalam kuliahnya.
Dauroh ini dibimbing langsung oleh Ustadz Amien Ashiddiqi, Lc., M.Pd. alumni universitas al-Azhar Cairo yang saat ini sedang menyelesaikan pendidikan doktor Pendidikan Bahasa Arab, dan Ustadz Haidar, S.Pd., M.Pd. yang berkompeten dalam bidangnya.
Dauroh bahasa Arab ini menggunakan kitab Durusul Lughah Al-Arabiyyah ( jilid 1). Dauroh ini dimulai pada pukul 07.00 sampai pukul 09.30, di sela-sela pembelajaran para peserta dauroh di berikan waktu 15 menit untuk istirahat sejenak. Setelah itu dauroh dilanjutkan pukul 09.45 sampai adzan dzuhur, kemudian dilanjutkan lagi setelah sholat ashar sampai pukul 16.30. Alhamdulillah mahasantri baru mampu menyelesaikan kitab Durusul Lughah Al-Arabiyyah ( jilid 1) sesuai target program dauroh ini.
Di hari yang sama mahasantri baru juga mengikuti program dauroh belajar membaca al-quran dengan metode nurul bayan. Jika dauroh bahasa arab dilakukan di pagi hari, maka dauroh ini dilaksanakan pada malam hari. Daurah ini diampu oleh dua ustadz yang telah mendapatkan ijazah sanad sampai kepada pencetus metode ini, yaitu Syekh Ishom Al-Mishry Hafizhahullah Ta’ala. Adapun dua ustadz tersebut adalah Ustadz Dr. Abu Sholih Harno Purwanto dan Ustadz Salman Al-Farisi Musa, S.Pd. Alhamdulillah kegiatan ini juga diberikan kelancaran oleh Allah ta’ala.

(Abdurrahman)

Tampilkan Lebih Banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button