Kabar

MUKHOYYAM KE-7 MA’HAD ALIY AL-AIMMAH DI PANTAI TELUK ASMARA

Mahasantri Ma’had Aliy Al-Aimmah melakukan kegiatan mukhoyyam pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 5-6 Shafar 1444 H / 2-3 Sepetember 2022. Kegiatan mukhoyyam ini dilakukan sebagai penutup daripada acara dauroh bahasa Arab dan dauroh ta’rifiyah. Yang mana kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasantri baru. Mukhoyyam ini merupakan program wajib tahunan Ma’had Aliy Al-Aimmah.

Tempat yang dipilih untuk mukhoyyam kali ini adalah Pantai Teluk Asmara. Pemilihan tempat ini tidak lepas dari peran panitia yang jauh hari sebelum mukhoyyam ini dilaksanakan. Mereka melakukan observasi tempat yang sesuai dengan kegiatan ini di sejumlah pantai di Malang Selatan. Panitia berkunjung untuk mengobservasi beberapa pantai, seperti pantai Modangan dan pantai Ngudel. Akhirnya panitia memilih Pantai Teluk Asrama sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan. Meskipun pantai ini sudah pernah dipakai untuk kegiatan yang sama pada tahun 2017 dan 2020 yang lalu, tapi pantai ini memang cocok dengan acara mukhoyyam kali ini.

Mukhoyyam ini dilaksanakan bertujuan untuk membina mental dan juga fisik mahasantri baru, karena untuk menimba ilmu di Ma’had Aliy Al-Aimmah membutuhan mental dan juga fisik yang kuat. Mukhoyyam ini juga bertujuan untuk membangun keakraban, keharmonisan dan ukhuwwah antara mahasantri baru, mahasantri lama dan para asatidzah. Diantara kegiatan yang ada dalam mukhoyyam ini adalah long march sejauh 5 KM, games, obvervasi fajar shodiq, berenang bersama di pantai, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah kegiatannya berjalan lancar, meskipun ada beberapa hal yang tak terduga diluar perkiraan, yang sedikit mengganggu jalannya acara. Seperti adanya pemadaman listrik di malam hari, namun untungnya itu tidak berlangsung lama, dan acara tetap bisa dilanjutkan setelah listrik menyala kembali. Dan setelah semua acara rampung, seluruh peserta beserta panitia melakukan kegiatan pembersihan sampah di area pantai kemudian membereskan peralatan dan juga barang-barang. Lalu semua rombonganpun pulang. Dan dengan izin Allah ta’ala semuanya sampai di Ma’had dengan selamat. 

 

(Akmaluddin M. K & Abdurrahman) 

Tampilkan Lebih Banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button